REPORTASEJABAR.COM -Kab. Nandung Barat.-Warga masyarakat   Kp.Pamoyanan, yang dipimpin Ketua RW 15 bersama tokoh BPD dan LPM. Melaksanakan Kegiatan pembangunan infrastruktur,  pengerasan Jalan atau Pembetonan di Wilayah RW 15 Desa Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten  Bandung, Kamis, (25 April 2024).

Proses pembetonan jalan desa di hari kedua ini ditinjau oleh Kepala Desa Cikole Drs.H.Tajudin M.Ag., didampingi Sekdes Ustad Andi, Kasie Kesra Hikmat Setiawan dan Ketua RW 15 Ustad H.Hari Petir. Hadir pula Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cikole yang diwakili Abah Bagja.

Kepada Wartawan di Lokasi Pembetonan, Kepala Desa Cikole, Drs. H. Tajudin M.Ag., menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur jalan ini untuk mencapai kehidupan masyarakat yang lebih adil, makmur dan sejahtera. Maka sebagai salah satu program Desa Cikole adalah kegiatan pembangunan infrastruktur Jalan yang terlaksana di Kp. Pamoyanan Desa Cikole Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat tepatnya ada di RT 01/RW 15.

“Alhamdulillah untuk program 2024 Dana Desa sudah kita cairkan sebanyak 60% dari sekitar 1,1 miliar, dan Pembangunan infrastruktur ini pada prinsipnya berkeadilan dan pemerataan di masyarakat hususnya Desa Cikole, adapun progres pembangunan jalan di RW 15 ini sudah mencapai 40%, dalam beberapa hari kedepan inshaallah sudah selesai.” terangnya.

Tajudin menambahkan, “Kegiatan infrastruktur jalan ini merupakan kegiatan di Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, dengan Output untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, adapun untuk pembiayaan bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) dengan panjang jalan 120 M lebar 280 Cm, ketebalan jalan 0,12 Cm, jumlah anggaran Rp. 70.183.000,- Terhitung Tujuh puluh juta seratus delapan puluh tiga ribu rupiah.” jelasnya

Kegiatan Pembangunan infrastruktur Jalan dilakukan secara bertahap, melibatkan swadaya masyarakat mereka bergotong royong demi keadaan jalan yang lebih baik agar pula pembangunan jalan segera selesai, mengingat cuaca yang tidak menentu karena terkadang hujan turun dengan tiba-tiba, dan itu akan menghambat selesainya pembangunan jalan tersebut”, pungkas Tajudin.

Kasie Kesra Hikmat Setiawan menerangkan, bahwa beberapa program Desa, salah satunya sudah di realisasikan ke masyarakat yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, dan program yang sekarang yaitu Pembangunan Infrastruktur jalan juga TPT di Rw 08, sedang dalam proses.

“Sebelumnya kita juga telah melaksanakan program Desa yaitu pembagian BLT yang menggunakan Dana Desa, bahkan di RW 08 kita juga sedang membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) guna untuk memperkuat pondasi jalan lingkungan, alhamdulilah meskipun Bapak Kepala Desa H. Tajudin ini terbilang masih baru, namun luar biasa kinerja nya telah di rasakan oleh masyarakat Desa Cikole”, tuturnya.

Ustad hary petir selaku ketua RW 15 bersama Sekretaris Desa (Sekdes) Ustad Andi  menyampaikan mengenai pembangunan infrastruktur jalan tersebut, menurut ke dua tokoh tersebut bahwa selama 17 tahun, baru kali ini ada pembangunan jalan di ke RW 15, tentu saja hal ini sangat membantu masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari nya. Mereka juga berharap agar masyarakat bisa ikut membantu bersama-sama untuk menjaga dalam merawat lingkungan jalan tersebut.

“Bagaimana pun juga masyarakat harus ikut dalam menjaga dan kmerawat lingkungan nya, karena tanpa kebersamaan dan kekompakan masyarakat semua, pembangunan jalan ini akan sulit bisa terwujudkan, ini kan atas pengajuan hasil upaya kita bersama, masyarakat ke-Rwan 15.” Ungkap Ustad H.Hari Petir.

Di tempat sama Sekdes Ustad Andi menuturkan, harapan bersama agar warga masyarakat Desa cikole selalu bekerja sama bergotong royong, untuk memajukan Desa nya dan turut andil dalam mengawal pembangunan juga kinerja Kepala Desa beserta jajaran.

“tu yang kita harapkan, karena bagaimanapun juga kita jajaran perangkat Desa, adalah pelayan di masyarakat, inshaallah dengan kepemimpinan kepala Desa H.Tajudin, masyarakatnya bisa lebih sejahtera dan makmur”, pungkasnya.

Red- Sam

About Author

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *