Foto Kiri ke kanan : Syamsurizal “Sutan Sampurna Raja” (Ketua Adat Marga Seumpu Gunung Terang Tulang Bawang Barat), Haryanto “Cagubnya Rakyat” (Kandidat Calon Gubernur Lampung 2025-2030), Irwan Syaputra “Dalom Sampit Raja“.

REPORTASEJABAR.COM -Bandar Lampung — Raja-raja atau Tokoh-tokoh Ketua Adat Tulang Bawang Barat mantapkan dukungan kepada Sosok Haryanto yang dikenal sebagai Cagubnya Rakyat pada Pilgub Provinsi Lampung tahun 2024.
Kabupaten Tulang Bawang Barat yang notabene merupakan kandang atau markas salah satu politikus dan mantan Bupati Tulang Bawang Barat yakni Umar Ahmad yang ditengarai akan maju pada Pilgub Lampung tahun 2024 sepertinya pada kontestasi Pilgub Lampung 2024 perjalanannya tidak semulus ketika ia maju pada Pilkada Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat. Betapa tidak, di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang notabene merupakan kandang atau basisnya Umar Ahmad, para Raja ataupun ketua-ketua adat di Tulang Bawang Barat telah mendeklarasikan dukungan kepada Haryanto “Cagubnya Rakyat”  Calon Gubernur  yang merupakan pendatang baru dikancah perpolitikan Lampung pada skala elit yakni Pilgub Lampung.

Diketahui para Raja Adat ataupun para Ketua Adat selain telah mendeklarasikan dukungan juga telah membangun infrastruktur team pemenangan hingga ketingkat Desa dan Dusun secara terstruktur dan masiv. Hal Tersebut sebagaimana penuturan salah satu Tokoh Adat Irwan Syaputra yang bergelar Dalom Sampurna Raja yang juga merupakan Ketua Team Pemenangan Cagub Haryanto untuk daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Kami apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin Lampung baik Gubenur maupun Bupati yang telah membangun Lampung terkhusus Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kabupaten Tulang Bawang Barat sudah lebih baik ditangan para Pemimpin terdahulu. Selanjutnya Kami ingin Pemimpin baru yang lebih berpotensi dan lebih baik lagi untuk Rakyat dan Provinsi Lampung. Sosok pemimpin yang menjadikan. Lampung yang lebih baik, Lampung yang seharusnya. Terkait hal tersebut Kami tidak bisa berharap banyak dari Pemimpin-pemimpin terdahulu ataupun wajah lama dan mungkin dari sosok yang benar-benar baru harapan Kami Rakyat Lampung dapat terwujud. Maka dengan hadirnya Bapak Haryanto sebagai sosok pendatang baru dikancah perpolitikan Lampung menjadi salah satu angin segar dan harapan baru bagi Kami. Terlebih melihat sosok Bapak Haryanto yang berbeda dari pada umumnya. Beliau sederhana dan mau turun langsung di lapangan berbaur dengan masyarakat tanpa risih sedikitpun. Insha ALLAH Bapak Haryanto dapat mewujudkannya impian Rakyat Lampung. Maka kami para Tokoh Adat, Katua Adat dan segenap masyarakat Lampung baik Petani, Buruh, dsb sepakat mendukung dan akan berjuang sekuat tenaga semaksimal mungkin untuk memenangkan Bapak Haryanto untuk Lampung tercinta.” Tegasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Tokoh Adat lainnya yakni Syamsurizal yang bergelar Sutan Sampurna Raja yang merupakan Ketua Adat Marga Seumpu Tulang Bawang.

“Kami ingin Lampung menjadi lebih baik, menjadi yang seharusnya. Tidak ada lagi jalan-jalan berlubang besar yang menyerupai kolam ataupun kubangan dan tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut terdapat hampir menyeluruh disetiap daerah. Bukan hanya di Kabupaten Tulang Bawang Barat saja melainkan hampir menyeluruh disetiap darah. Pemimpin yang sebelumnya cukup baik, namun mungkin karna kesibukan yang begitu padat sehingga kondisi buruknya Insfratruktur jalan tidak terlihat ataupun tidak terpikir oleh mereka yang menjabat di pemerintahan.

Maka daripada itu, Lampung membutuhkan pemimpin yang betul-betul peka dan cepat tanggap pada problema disekitarnya dan Kami melihat sosok kepemimpinan seperti itu ada pada Bapak Haryanto. Dan Kami segenap Tokoh-tokoh Adat, Ketua Adat serta segenap masyarakat Lampung akan berjuang semaksimal mungkin dengan segala daya dan upaya untuk memenangkan Bapak Haryanto.” Pungkasnya.

Foto Kanan ke kiri : Haryanto “Cagubnya Rakyat” (Kandidat Calon Gubernur Lampung 2025-2030), Syamsurizal “Sutan Sampurna Raja” (Ketua Adat Marga Seumpu Gunung Terang Tulang Bawang Barat)

Terkait Pilgub Lampung 2024, digadang banyak di isi oleh wajah lama antara lain Arinal Djunaidi yang masih menjabat sebagai petahana, Umar Ahmad (mantan Bupati Tulang Bawang Barat), Herman HN (mantan walikota Bandar Lampung), Chusnunia Chalim (Wakil Gubernur menjabat), Hanan Rozak (Mantan Bupati Tulang Bawang), Rahmat Mirzani (Anggota DPRD Provinsi).

Sedangkan untuk wajah baru ataupun pendatang baru yakni Haryanto “Cagubnya Rakyat”. Menariknya, nama Haryanto mungkin terdengar asing ditengah para elit politik Lampung namun namanya Familiar ditengah masyarakat dan para pimpinan organisasi masyarakat dan sebagainya, sehingga ia memperoleh dukungan siginifikan dan paling banyak dibanding para calon lain.

Di Kabupaten Tulang Bawang Barat para Tokoh adat ataupun ketua-ketua adat yang antara lain ; Syamsurizal (Sutan Sampurna Raja), Irwan Syaputra (Dalom Sampurna Raja), Eldi Sampurna (Raja Semula Jadi), Muchtar, A.MA (Sutan Nata Nagara), Erwandi (Tuan Sampurna Jaya), Yusabi (Sutan Hidayat), Irwan Putra (Minak Jagok Mergow) bersama segenap lapisan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang telah kokoh bertekad bulat untuk memenangkan Haryanto pada Pilgub Lampung 2024.

Adanya hal tersebut tentunya menjadi pukulan telak bagi Umar Ahmad yang ditengarai akan maju pada Pilgub Provinsi Lampung 2024. Betapa tidak, jika markas ataupun basisnya telah bergeser mendukung sosok pendatang baru yang sedang fenomenal.

Untuk diketahui, selain para para raja adat ataupun tokoh adat. Dukungan dari berbagai lapisan masyarakat telah banyak mengalir pada Haryanto yang antara lain dukungan berasal dari para anggota SEDULUR , KERABAT, PSHT, TKKDH, Persatuan Bentor, Kera Sakti, Persatuan keluarga Batak, Pesatuan keluarga Bali, Keluarga Besar Pelindung kehidupan, Paguyuban ASBANT, LIN, GMBI, LMP, PDI, Kelompok Tani, Kelompok Nelayan, Perkumpulan Atlet, Perkumpulan Seniman, Majelis Bahagia, CERMAT, Majelis Tanbihul Ghofilin, Majelis Yasiin Alfafldillah, Padepokan Tapak Debus Banten, GSPI, Persatuan Agen Travel Haji-Umroh dan lain – lain.

Pilkada Pilgub Lampung 2024 ini digadang menjadi pertarungan sengit dan menarik dimana para Pemain lama ataupun wajah lama memperoleh perlawanan dari pendatang baru yang kehadirannya telah mencuri perhatian masyarakat.

Red.

About Author

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *